Cari

Random Post of me

Kamis, 26 Maret 2015

Maunya Punya Blog yang SEO Friendly, tapi Ternyata Otak Saya Mulai Kehilangan Guratnya

Malam Epribodih....

Hari ini saya sedang sangat suntuk. Sedang anget-angetnya nih, mau mulai blogging, lha kok kepentok sama "template". Mula-mulai saya curiga, kok ini blog gak pernah masuk di daftar hasil pencarian mbah Google. Usut-punya usut, ternyata kalau mau eksis, ada yang namanya  kriteria SEO Friendly yang mesti ada dalam suatu blog.

Dengan berat hati, saya belajar lagi nih. Mencari tahu ke suhu-suhu per blog-an tentang si SEO Friendly ini. Bagi yang gak ngeh ini ngomongin apa, saya jelaskan dengan bahasa yang saya pahami aja ya. Mau ikut-ikutan menjelaskan dengan istilah yang mbulet, kok kayaknya bukan kapasitas sayah. Takut salah ngomong.. *Eh, salah tulis* getowhh.

Jadi begini, kebanyakan orang yang berselancar di dunia maya alias internet, kan tujuan utamanya mencari informasi. Kecuali yang mencari hal-hal lain yaahh, apa itu? silahkan jawab sendiri, kan sampean yang ngenet. Nah, bagi orang-orang yang mencari informasi, mesin pencari itu mutlak digunakan. Yang populer misalnya Google atau Yahoo!. Para mesin pencari ini punya tata cara dan tata upaya serta tata negara #emang pelajaran IPS, yang sudah ditentukan dalam suatu pencarian. Kalau kita ingin blog kita tampil di daftar para mesin pencari, maka harus memenuhi kriteria para mesin tersebut. Nah, kalau tidak salah ini istilahnya SEO Friendly tadi (kalau tidak salah lho ya, kalau salah ya maaph). Oiya kepanjangan SEO itu Search Engine Optimization.

Sumber

Sudah berhari-hari saya mempelajari hal ini, dan saya mulai puyeng. Sepertinya guratan-guratan cantik di otak saya mulai menipis. Ini bukan pertanda baik loh ya, kalau otak saya gak keriput lagi kan gak bisa menyimpan informasi dengan baik. Gak bisa mencerna informasi baru, dan gak  gak yang lainnya. Gak asik dong yaa.. Apa karena saya sudah tua? ("tua???" what!!! umur juga belum masuk kepala 3 kalee). Atau karena saya sudah lama tidak belajar, jadi otak saya tidak terasah, berasa tumpul aja gitu.

Semenjak menyandang gelar baru sebagai "Ibu Rumah Tangga", otomatis pembelajaran saya bergeser ke area perdapuran dan sejenisnya. Jarang sekali pegang computer, baca buku-buku ilmu pengetahuan. Punya gadget juga cuma buat komunikasi, potoh-potoh, pesbukan, browsing, blog walking, sama baca sinopsis drama korea.. #ihik. Jadi jelas sudah, mempelajari kode-kode HTML, merubah template, layout, dan gadget-gadget blog, navigation bar, meta tag, dan lain sebagainya membuat saya pusing tujuh keliling.

Berdasarkan saran dari para suhu blogger, sayapun men-download beberapa template blog. Ada yang dari website luar, juga ada buatan anak negeri. Tapi setelah saya coba-coba, mengubah tampilan layout dan melakukan inspeksi elemen, template blog saya masih belum memenuhi syarat SEO Friendly. Akhirnya saya mencoba cara lain dengan masuk ke kode HTML dari template yang saya gunakan. Mencoba mencari kode ini, menghapus kode itu, menambah kata ini, menyelipkan kata itu. Dan yah, saya mulai stress... #gubrakss. Masih mending stres tapi sukses, ini udah stres makin amburadul pula.

Otak saya berontak mendapatkan masukan ilmu yang bertubi-tubi dalam waktu singkat. Dan saya mulai putus asa. Akhirnya saya memutuskan untuk memfokuskan diri mencari manusia-manusia baik yang rela menyediakan template gratis yang SEO Friendly untuk blogger gaptek macam saya ini. Lebih-lebih template yang ringan, simple, keren, warnanya unyu-unyu, gak perlu ngotak-atik tinggal make, dan kemudahan-kemudahan lainnya *dasar gak mau susah*. Semoga saya segera berhasil mengemban misi ini, jadi selanjutnya tinggal ongkang-ongkang tulis-tulis syantiikkk.

Kiranya sekian curahan hati saya, jikalau ada agan dan aganwati maupun ses dan simbok yang mau berbagi template blogger siap pakai tapi gratis #teteeeepp, please do not hesitate to contact me.




Tidak ada komentar:

About Me

Designed By Seo Blogger Templates