Cari

Random Post of me

Sabtu, 11 Agustus 2012

Sudah setahun lebih, dan banyak sekali kejadian terlewat... Sesion 2: Kursus Bahasa Jepang

Rencananya sih ya, semua kejadian terlewat pengen diposting jadi satu daftar gitu. Tapi ternyata banyak banget dan susah mw ngedit lagi postingan sebelumnya. Maklum medianya kurang mendukung. Berikut postingan lanjutan, masih selama daku jadi buruh pabrik otomotif.
  • Kursus Bahasa Jepang
Diperusahaanku, ada fasilitas training bahasa asing, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Karena perusahaan aku anak dari perusahaan Jepang, jadi ada satu advisor orang Jepang asli untuk setiap Department (kecuali HRD,Acc,Fin,GA). Selain itu supplier kita banyak yg dari Jepang, dan rata2 contact langsung sama orang jepang.

Pada dasarnya, peraturan kursus yg berlaku adalah, kursus bahasa Inggris dulu sampai tamat ke level teratas, baru boleh lanjut ke kursus bahasa Jepang. Berhubung aku termasuk purchasing bagian import, jadi aku dapet spesialisasi untuk memilih. Kalo bahasa Inggris kan banyak tempat kursusnya, dan aku kepake juga tiap hari, jadi aku ambil kursus bahasa Jepang.

Bersyukur sekali aku ambil kursus ini, tenyata asik. Kita terdiri dari 12 orang satu kelas, dan rata2 masih muda. Karena baru pertama, jadi kita masuk kelas induksi dasar. Guru kita, yg biasa kita sebut Sensei masih muda banget, dan imut lagi. Jadi makin semangat deh temen2. Maklum,ceweknya cm 3 orang, sisanya cowok.

Waktu itu, kita punya group whats'up anak2 kursus. Jadi komunikasi pake Jepang2 gitu, ngulang2 pelajaran, dan bahas Sukudai alias PR. Jadwal kursus seminggu 2 kali, dan selalu ada sukudai. 

Bagian yg paling kita sukai waktu kursus adalah ketika sensei berteriak "Gemoshimashou". Berarti waktunya kita maen game. Ini nih yang seru, biasanya bersifat kompetisi antar kelompok. Dan kita harus cari nama kelompok sesuai dengan tema hari itu. Misalnya nama benda langit, berarti bisa Hoshi: bintang, Hi: matahari (kalo ga salah i, udh bnyak lupa).

Dan bagian yang paling tidak menyenangKan adalah menulis huruf jepang. Ada 3 kelompok huruf : hiragana, katakana, kanji. Hiragana adalah huruf dasar yang dibaca satu suku kata, misalnya: ka, ki, ta, chi, su, dll. Katakana adl huruf yg digunakan untuk kata saduran, misalnya: susu atau milk dalam bahasa inggris, disadur menjadi miruku dalam bahasa jepang. Dan yang lazim digunakan adalah huruf kanji. Tentu saja penulisannya paling sulit. Konon katanya huruf ini diadaptasi dari tulisan cina jaman dulu.

Ini nih ada foto temen kursus aku, gak lengkap sih. Tapi lumayanlah ada sensei cantik di tengah.





Tidak ada komentar:

About Me

Designed By Seo Blogger Templates