Cari

Random Post of me

Kamis, 29 Oktober 2009

Pria Tinggi... Wanita berambut Panjang... HHmmm... OKE

“Ada cowok cakep tuh. Tapi sayang, pendek.” Ada di antara Anda kaum wanita yang pernah mengucapkan itu atau mendengar komentar serupa dari teman wanita Anda ? Atau Anda kaum pria yang terkesan pada gadis-gadis bintang iklan sampo yang rambutnya hitam lebat lurus indah panjang tergerai bak air terjun kelam di punggungnya ?

Ketertarikan kita pada pria bertubuh tinggi maupun wanita berambut panjang tampaknya cukup umum. Dalam riset yang dilakukan di Universitas Pecs, Hungaria disebutkan bahwa subjek pria menilai wanita yang wajahnya dibingkai rambut yang sedang sampai panjang lebih cantik. Bahkan wanita yang kurang menarik pun kalau rambutnya panjang jadi tampak lebih cantik. Pria juga mengasosiasikan kepribadian wanita dengan potongan rambutnya. Wanita yang rambutnya lebih panjang dinilai intelek, sehat dan matang, sementara wanita berambut pendek dianggap lebih muda, jujur, perhatian dan emosional. Secara umum, pria memilih wanita dengan kemudaan yang tampak di wajahnya karena sifat tersebut menandakan kesuburan, tapi kenapa pria tertarik pada wanita berambut panjang ? Peneliti mengajukan ide bahwa rambut yang panjang membutuhkan waktu untuk memanjangkan dan energi untuk merawatnya, sehingga rambut panjang wanita menandakan kesehatan dan kekayaannya. Itu bisa jadi alasan kenapa pria tertarik pada wanita berambut panjang.

Sekarang, bagaimana dengan pria bertubuh tinggi ? Menurut penelitian dengan subjek personil Yahoo, 23 persen pria mau kencan dengan wanita yang lebih tinggi dari mereka. Nah, kalau wanita, cuma 4 persen yang mau kencan dengan pria yang lebih pendek dari mereka. Dan kita bisa lihat sekilas memang lebih banyak pasangan yang prianya lebih tinggi. Kemudian, preferensi tinggi pasangan juga tidak terkait dengan feminisme. Penjelasannya adalah bahwa preferensi wanita terhadap pria tinggi terkait dengan sejarah evolusi kita. Pria bertubuh tinggi dianggap bisa memberi keamanan fisik dan emosional, sehingga hidup wanita dan anak-anaknya lebih terjamin.

Tulisan ini hanya memaparkan dua dari banyak macam faktor pencetus ketertarikan antara pria-wanita dan tentu saja tidak berlaku secara universal. Kemudian setiap manusia memiliki kriteria sendiri tentang lawan jenis yang bagaimana yang menarik baginya, sehingga kalau kebetulan Anda pria bertubuh pendek atau wanita berambut pendek, Anda tak perlu berpikir Anda akan dinilai kurang menarik. Buktinya, Tom Cruise, toh sukses menyabet dua bintang perempuan yang lebih tinggi darinya.

Sumber :
Psychology Today Magazine, Jan/Feb 2008



Tidak ada komentar:

About Me

Designed By Seo Blogger Templates